Pengertian Ilmu Dakwah Islam (Ilmu Dakwah Islam)

Pengertian Ilmu Dakwah Islam (Ilmu Dakwah Islam)
Pengertian Ilmu Dakwah Islam (Ilmu Dakwah Islam)
Pengertian Ilmu Dakwah Islam (Ilmu Dakwah Islam) - Dakwah, dalam kajian keislaman kata ini sering Anda dengar. Beberapa pengertian ilmu dakwah pun bermunculan. Namun, pengertian ilmu dakwah ini baru dikenal khusus untuk menyebut tindakan yang dilakukan oleh umat Islam. Dalam agama lain, misalnya umat Kristiani, menyebutnya dengan istilah Misionaris.
Untuk itu, agar memperjelas masalah sehingga tidak rancu, kita sebut saja dengan Istilah dakwah Islam, dengan demikian paparan penjelasannya nanti bisa dipahami tanpa bias dan bisa gamblang. Hal ini dilakukan agar pengertian ilmu dakwah juga tidak mengalami kesimpang-siuran pengertian dan definisi.

Dakwah Islam
Dakwah Islam bermakna segala tindakan untuk menyeru kepada umat. Tindakan ini menjadi kewajiban mereka yang mengaku menjadi umat Islam. Tindakan menyeru ini bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa lewat kutbah atau lewat lisan, lewat tulisan dengan menulis beragam buku-buku keIslaman, atau dengan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Dakwah Islam, yang paling paripurna dipimpin oleh seorang nabi bernama Muhammad. Setelahnya, diteruskan oleh empat Khalifah, yaitu Abubakar Sidik, Umar Bin Khatab, Ali Bin Abithalib dan Usman Bin Afan. Kemudian diteruskan oleh para khalifah lain.
Saat ini, di Indonesia khususnya dakwah Islam dimotori oleh mereka yang menyebut diri sebagai ulama. Mereka yang mengajarkan nilai-nilai KeIslaman. Baik di kampung-kampung, perkantoran, maupun pesantren-pesantren.
Memang, semua orang  yang beragama Islam wajib menyebarkan ajaran Islam. Tapi, tetap saja motornya berada pada orang-orang ini. Orang-orang dengan sebutan Kyai atau ustadz. Mereka yang mempunyai ilmu agama yang cukup, untuk selanjutnya mentransfer ajaran keilmuan tersebut kepada orang lain.
Beberapa tujuan
Sebenarnya tujuan dakwah Islam itu sederhana saja. Dalam teorinya begitu ringkas dan mudah saja. Diantaranya sebagai berikut:
1.  Mengajak Kebaikan
Dakwah Islam mengajak kepada kebaikan. Ya, semua umat Islam wajib melakukan hal ini. Selalu dan selalu, dalam kehidupan yang dijalaninya mengajak dan menyuruh orang berbuat kebaikan. Bukan hanya sibuk melakukan kebaikan untuk dirinya saja. Tetapi mendorong orang lain untuk melakukan kebaikan yang sama, bahkan lebih baik dari yang Anda lakukan.
2.  Mencegah Kemungkaran
Berbeda dengan yang pertama. Yang kedua ini agak sulit. Kalau yang pertama itu mudah. Orang diajak berbuat baik mungkin tak ada yang menolaknya. Tetapi ketika Anda mencoba untuk mencegah kemungkaran, dimungkinkan ada orang yang tak setuju atau tak mau. Menghadapi yang demikian Islam mengajarkan untuk merubah dengan tangannya (dengan kekuasaaannya) kalau tak bisa dengan lisannya. Kalau tak bisa lagi cukup diam dan tidak melakukan kemungkaran atau keburukan tersebut.
Inilah dasar-dasar dakwah Islam. Semua umat Islam wajib hukumnya untuk mempraktekannya dalam kehidupan keseharian. Suka tidak suka, mau atau tidak mau.
Pengertian Ilmu Dakwah Islam (Ilmu Dakwah Islam)

0 Response to "Pengertian Ilmu Dakwah Islam (Ilmu Dakwah Islam)"

Post a Comment