Wasilah (Media) Dakwah (Ilmu Dakwah Islam)

Wasilah (Media) Dakwah (Ilmu Dakwah Islam)
Wasilah (Media) Dakwah (Ilmu Dakwah Islam) - Media atau wasilah dakwah adalah alat yang dipergunakan untuk menyampaikan materi dakwah (ajaran Islam) kepada mad’u.Ada beberapa media yang digunakan untuk menyampaikan pesandakwah, Hamzah Ya’qub membaginya menjadi 5 macam yaitu: 

a) Lisan, inilah wasilah dakwah yang paling sederhana, yang menggunakan lidah dan suara. Media yang digunakan dapatberbentuk pidato, ceramah, kuliah, bimbingan penyuluhan dansebagainya.

b) Tulisan, dapat melalui buku, majalah, surat kabar, surat
menyurat(korespodensi), spanduk dan sebagainya.

c) Audio Visual, yaitu alat dakwah yang merangsang indrapendengaran atau penglihatan dan kedua-duanya, TV, film, slide,OHP, internet dan sebagainya.

d) Akhlak, yaitu perbutan nyata yang mencerminkan Ajaran Islamdapat dinikmati serta didengarkan oleh mad’u.Jika dilihat dari segi pesan penyampaian dakwah, mediadakwah dibagi menjadi 3 golongan yaitu:

a) The Spoken Words (yang berbentuk ucapan) yang termasuk dalmkategori ini adalah alat yang dapat mengeluarkan bunyi karenahanya dapat ditangkap oleh telinga. Disebut juga The Audial Mediayang biasa digunakan sehari-hari seperti telp, radio, dansebagainya.

b) The Printed Writing (yang berbentuk tulisan) termasuk didalamnyaadalah media tercetak, gambar-gambar tercetak, buku, surat kabar,majalah, brosur, pamplet dan sebagainya.

c) The Audio Visual (yang berbentuk gambar hidup) yaitu merupakanpenggabunga n dari golongan diatas. Seperti film, TV, Video dansebagainya.Adapun dalam penelitian ini media dakwah yang digunakanadalah dengan menggunakan tulisan teks berita di Harian DutaMasyarakat, yaitu bagaimana pesan dakwah dikemas ke dalam sebuah media yang efektif untuk pencapaian sasaran dakwah yang tepat yangdisukai mad’u di zaman modern ini, yakni pers.

Pada dasarnya dakwah dapat menggunakan berbagai wasilah(media) yang dapat merangsang indra-indra manusia serta dapatmenimbulkan perhatian untuk menerima dakwah. Semakin tepat danefektif wasilah yang dipakai, semakin efektif pula pemahaman ajaranislam pada masyarakat yang menjadi sasaran dakwah.Sedang televisi sebagai media dakwah adalah suatu penerapan danpemanfaatan hasil teknologi modern, yang mana dengan pemanfaatanteknologi tersebut diharapkan seluruh aktifitas dakwah dapat mencapaisasaran (tujuan) yang lebih optimal.Media dakwah dengan menggunakan televisi ini memiliki sangatbanyak kehebatan dibanding dengan media-media dakwah lainnya.Sebagian kehebatannya antara lain dapat dilihat dan didengar oleh seluruh penjuru tanah air bahkan sampai luar negeri, sedangkan mubalighnyahanya pada pusat pemberitaan saja (studio).

Televisi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia dijadikan sebagaisarana hiburan dan sumber informasi utama di beberapa daerah, terutamadaerah pedesaan. Masyarakat duduk berjam-jam untuk mengikutikeseluruhan acara. Kalau dakwah bisa memanfaatkan media palingmodern dan efektif ini, maka sudah jelas jangkauan dakwah akan menjadisangat luas dan kesan keagamaan yang ditimbulkan menjadi amatmendalam.Di sini televisi sebagai media dakwah berarti menjadi alat bantuefektif dalam berdakwah yang berperan menambah pengetahuan ajaranagama, sehingga mampu membentuk keberhasilan dakwah. Televisi jugamampu menjadi tauladan, jika siaran yang ditayangkan baik untuk ditiru.D a n d i s i n i l a h b u k t i b a h w a dakwah juga berhasil melalui media televisi.
Wasilah (Media) Dakwah (Ilmu Dakwah Islam)

0 Response to "Wasilah (Media) Dakwah (Ilmu Dakwah Islam)"

Post a Comment