Tuesday, December 25, 2012

Menejemen Struktur Ilmu Dakwah (Ilmu Dakwah Islam)

Menejemen Struktur Ilmu Dakwah (Ilmu Dakwah Islam)
Menejemen Struktur Ilmu Dakwah
Menejemen Struktur Ilmu Dakwah (Ilmu Dakwah Islam) - Ilmu Dakwah disebut sebagai sebuah disiplin ilmu, karena ilmu dakwah merupakan bidang studi yang telah memiliki obyek, sistem dan metodenya sendiri. Untuk melihat bangunan keilmuan dakwah, dapat dijelaskan dengan struktur keilmuannya.

Kemudian disiplin ilmu dakwah dapat distrukturkan sebagaio berikut:

1.Ilmu Dasar Teoritik. Yaitu: disiplin ilmu yang memberikan kerangka teori dan metodologi dakwah islam. Ilmu dasar dimaksudkan sebagai cabang-cabang ilmu dakwah yang memberikan prinsip-prinsip, paradigma, kerangka teoriti, sistem dan metodologi dakwah. Dalam kelompok disiplin ini masalah dakwah dikaji secara ilmiah sesuai dengan bidang dan lingkup masalah, metode-metode yang digunakan serta kerangka teoritik yang digunakan. Yang termasuk ilmu dasar teoritik ini antara lain: Dasar-dasar ilmu pengembangan masyarakat, Metodologi dakwah, Psikologi dakwah, Studi keluarga muslim dan lain-lain.

2. Ilmu Teknik/Terapan. (Ilmu-ilmu dkwah terapan) yaitu: disiplin ilmu yang memberikan kerangka teknis operasional kegiatan dakwah islam. disiplin ini memberikan kemampuan teknis keahlian profesi dan disebut ilmu terapan/teknis-operasional dakwah (teknologi dakwah). Bagian disiplin ilmu terapan/teknis terdiri dari empat kelompok pokok, yaitu:

a. Teknologi Tabligh.(Ilmu Teknis Komunikasi dan Penyiaramn Islam). Termasuk dalam komponen ini diantaranya: Teknik Khitabah Teknik peliputan berita dakwah, Produksi radio, telivisi dan film (RTF) dakwah dan lain-lain.

b.Teknologi Irsyad.(Ilmu teknis Bimbingan dan Penyuluhan Islam). Termasuk dalam komponen ini diantaranya: Teknik penyuluhan islam, Kesehatan mental, Psikoterapi Islam, Kaifiyah Mujaddalah dan lain-lain.

c.Teknologi Tabdir. (Ilmu teknis menejemen dakwah). Termasuk dalam komponen ini diantaranya: Menejemen organisasi islam,m Organisasi Islam Internasional, Menejemen Koperasi dan lain-lain.

d. Teknologi Tathwir. (Ilmu Teknis/ terapan pengembangan masyarakat islam). Termasuk dalam komponen ini diantaranya: Kepemimpinan Islam, AMDAL, Teknik pengembangan usaha kecil dan lain-lain.
Menejemen Struktur Ilmu Dakwah (Ilmu Dakwah Islam)

0 comment:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India